Alasan Kesehatan Melakukan Masturbasi

Alasan Kesehatan Melakukan Masturbasi

Masturbasi bukanlah sesuatu yang tabu. Anda pun tidak perlu memperlakukannya seperti itu sebab banyak orang melakukannya, baik pria maupun wanita. Memberikan kepuasan pada diri sendiri bisa dilakukan dengan bantuan tangan ataupun alat bantu sex. Sebenarnya apa sih tujuan dari masturbasi? Tujuan utama masturbasi adalah untuk mencari kepuasan, tapi tahukah anda bahwa aktivitas ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan? Berikut ini adalah beberapa alasan kesehatan melakukan masturbasi:

Meredakan stres

Stres adalah masalah umum di dalam keseharian kita. Dengan melakukan masturbasi, tubuh akan merilis dopamine, sebuah zat kimia yang penting di dalam mengontrol perasaan dan memberikan kebahagiaan batin. Kemudian zat kimia lain endorfin juga dirilis ketika kita melakukan masturbasi. Efeknya sama dengan dopamine, yaitu bisa memberikan perasaan tentram di dalam diri. Jadi jika anda sedang mengalami stress, tidak ada salahnya melakukan masturbasi meskipun ini sebenarnya bukan cara yang umum orang lakukan untuk menghilangkan stress.

Mengatasi nyeri haid

Masturbasi juga bisa membantu menghilangkan nyeri haid. Tamu bulanan ini terjadi berulang kali. Untuk menghilangkan rasa sakit yang muncul, ada banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk salah satunya masturbasi. Aktivitas seksual ini bisa mengalihkan pikiran anda dari rasa nyeri yang dialami. Seperti yang kita tahu, rasa nyeri saat haid sangatlah mengganggu dan menjadi semakin intens ketika kita tidak melakukan apa-apa atau fokus pada rasa sakit tersebut. Jadi untuk meredakannya, anda bisa melakukan hal ini.

Mengenali tubuh

Manfaat lain dari masturbasi adalah untuk mengeksplor tubuh. Ada banyak wanita yang tidak begitu mengenal bagian tubuh mereka karena tidak meluangkan banyak waktu untuk mempelajarinya. Jika anda ingin tahu lebih banyak seputar area kewanitaan, melakukan masturbasi adalah jawabannya. Inti dari masturbasi adalah mengeksplor organ intim memakai tangan. Dengan begitu, anda menjadi lebih mengenal bagian-bagian dari organ intim beserta fungsinya kemudian. Anda pun akan tahu titik-titik sensitif yang terdapat pada area tersebut. Organ intim berisi banyak sel-sel saraf. Ini juga merupakan pusat stimulasi yang bisa meningkatkan gairah seksual.

Alasan kesehatan melakukan masturbasi

image source: pinterest.com

Membantu orgasme

Masturbasi juga bisa melatih anda mencapai orgasme ketika berhubungan intim. Orgasme bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat sulit dicapai. Jika anda sering bermasalah dengan orgasme, maka kami sarankan anda melakukan masturbasi secara rutin. Ini untuk mencari tahu bagaimana tubuh anda merespon stimulasi yang diberikan memakai tangan. Menyentuh area kewanitaan merupakan salah satu cara memberikan stimulasi. Sensasinya hampir sama dengan ketika pasangan yang memberikan stimulasi.

Dengan melakukan aktivitas seksual ini, anda bisa mengukur seberapa cepat anda bisa meraih orgasme dengan bantuan tangan. Tidak ada salahnya memberikan kepuasan pada diri sendiri. Selama ini banyak orang yang bergantung pada film porno atau stimulasi eksternal untuk meningkatkan gairah seksual. Tapi ini bukanlah cara yang sehat untuk mencapai orgasme sebab bisa membuat anda ketergantungan. Anda perlu melakukannya dengan bantuan diri sendiri.

Mengatasi insomnia

Berikutnya, orgasme juga bisa mengatasi insomnia. Mungkin anda sendiri percaya bahwa masturbasi bisa berdampak positif terhadap ritme tidur. Tapi faktanya, mereka yang sering memberikan kepuasan pada diri sendiri biasanya lebih mudah masuk ke fase rapid eye movement. Jika anda punya insomnia yang parah sekalipun, kami sarankan anda melakukan masturbasi menjelang tidur. Aktivitas ini akan merangsang perilisan berbagai hormon di dalam tubu, sehingga anda pun akan menjadi lebih rileks dan lebih mudah tertidur. Nah, itu tadi beberapa alasan kesehatan melakukan masturbasi. Silakan coba praktekkan sendiri di rumah dan rasakan manfaatnya.