Alami Bahan Alam Agar Wajah Mulus

Alami Bahan Alam Agar Wajah Mulus

Sudah menjadi barang wajib bagi pria maupun wanita menginginkan tubuh yang terawat dan terjaga. Selain tubuh yang ideal, harapan mendapatkan kulit mulus di sekujur tubuh tetap menjadi primadona. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak memahami bahwa di area tubuh, setiap bagian mempunyai karakteristik kulit yang berbeda. Seperti kulit bagian tubuh antara dada hingga perut akan berbeda dengan kulit wajah dan tangan. Oleh sebab itu, agar wajah mulus ekstra essence pun harus dibedakan. Kulit tangan dan wajah berhadapan langsung dengan panas matahari, namun wajah mempunyai intensitas terkena paparan ultraviolet lebih tinggi ketimbang tangan.

Cara tradisional

Dalam dunia medis, kita mengenal dua pembagian secara gamblang, yakni tradisional dan modern. Secara singkat, penggunaan metode tradisional ialah cara yang kerap dilakukan oleh penduduk lokal dengan alat yang sederhana. Semisal, masyarakat Indonesia menggunakan ekstrak bengkuang yang digerus hingga halus dan dibobokkan ke wajah secara mereta. Biasanya, para wanita menggunakan krim ini pada saat mau tidur dan juga braktifitas di luar rumah. Tujuannya tentu agar wajah mulus dan sebagai cara menampik sinar matahari yang penat.

Dewasa ini, tidak banyak yang menggunakan krim ini di depan khalayak ramai karena warna bedak yang terlalu putih mencolok. Ditambah, krim ini apabila dibiarkan dalam waktu tertentu akan mengeras dan menjadikannya tidak rata kembali. Jika bubuk tradisional agar wajah mulus tidak lagi di jumpai di kota besar, kita akan mendapatinya di beberapa kota dan tempat wisata di tepian pantai Jawa, sebut saja Pulau Karimunjawa, Jepara-Jawa Tengah.

Agar wajah mulus, para wanita disana memanfaatkan ekstrak buah bengkuang. Tidak jarang mereka juga menggunakan bebak adem pada saat kesulitan mendapatkan bahan utama dari Jepara. Bedak adem dapat dibuat dengan bahan dasar beras yang ditumbuh hingga halus. Selanjutnya dikeringkan dan mengikuti beberapa proses penumbukan dan ayakan. Terakhir, ayakan beras tersebut dicampur dengan pewangi dan akhir untuk selanjutnya dibentuk sebiji kancing dan dikeringkan supaya tahan lama. Tidak berbeda jauh dengan ekstrak bengkuang, bedak adem juga mempunyai karakteristik yang sama dan berfungsi memuluskan wajah.

Cara modern

Sedangkan cara agar wajah mulus dengan teknologi modern tentunya mengalami banyak perubahan. Tidak hanya bahan dasar yang lebih variatif, namun juga campuran dan pengemasan yang praktis. Dengan berbagai varian ekstrak buah dan bahan lain baik wanita maupun pria mempunyai banyak alternatif. Akan tetapi, apakah ekstrak bahan alami saat ini cocok digunakan untuk laki-laki maupun perempuan? Atau harus dibedakan. Pastinya, perawatan wajah mulus antara laki-laki dan perempuan adalah hal yang berbeda. Pasalnya, pria dan wanita mempunyai karakteristik kulit yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari gen wanita yang menjadikan otot mereka melemah, tubuh kecil, dan kulit yang lembut.

Sedangkan pria, gen mereka menjadikan masa perkembangan otot menjadi lebih kuat dan besar. Selanjutnya, tulang membesar dan dibarengi kulit yang menebal pula. Dari sini jelas bahwa agar wajah mulus antara kedua gender ini membutuhkan treatments yang berbeda pula. Secara general, memang tidak bisa dipungkiri bahwa meminum air putih pada jumlah yang besar setiap harinya dapat memutihkan kulit. Hal ini telah diujikan di lab kenamaan bahwa air putih membantu melembabkan kulit. Kemudian, pori-pori kulit pun membuka untuk mengeluarkan kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati. Beberapa cara yang dapat digunakan oleh perempuan supaya wajah mulus ialah merawat kulit secara herbal.

Bagi wanita dan pria

Beberapa buah dan sayur yang dapat digunakan ialah tomat, bengkuang, mentimun, dan lemon. Jenis-jenis tersebut merupakan bahan yang cocok karena mengandung kadar air tinggi. Selanjutnya, melakukan spa, hal ini diperlukan untuk membantu membersihkan kulit wajah dari sisa-sisa kosmetik bersamaan dengan keluarnya keringat. Dalam hal ini, kita juga membutuhkan moisturize untuk dioleskan. Setidaknya, pasca melakukan spa, kadar air pada kulit akan sedikit menurun dan moisturize akan melembabkannya kembali. Sedangkan bagi pria, cara wanita tersebut dapat dilakukan ditambah dengan penggunaan cleaning dan toning setiap sebelum tidur serta menghindari polusi udara secara langsung.

Agar wajah mulus dengan ekstrak tumbuh-tumbuhan merupakan cara alami untuk memindahkan kelembapan ke wajah kita supaya nampak alami, kencang, dan bercahaya.