5 Masalah Seks yang Umum Dialami Wanita Pasca Melahirkan

5 Masalah Seks yang Umum Dialami Wanita Pasca Melahirkan

Jakarta – Tidak semua wanita dengan mudahnya bisa kembali bercinta pasca melahirkan meskipun dokter sudah memberikan lampu hijau. Setelah sang buah hati lahir, kehidupan seks akan menjadi tak sama lagi seperti saat baru menikah. Ada isu-isu yang menyebabkan wanita merasa tidak ingin bercinta dengan pasangannya setelah melahirkan. Berikut ini lima masalah seks umum yang dihadapi para ibu baru:

1. Pasangan Siap Tapi Anda Tidak
Setelah hampir dua bulan pasca melahirkan, jahitan pasca operasi caesar atau area Miss V biasanya sudah sembuh. Pada masa ini, pasangan pun sudah ingin bercinta lagi dengan istrinya, namun belum tentu Anda menginginkan hal yang sama. Kondisi ini biasa karena tubuh wanita sudah mengalami banyak hal selama hamil dan melahirkan. Mulai dari perubahan hormon yang drastis, mengecilnya rahim, sembuhnya jahitan operasi caesar atau Miss V, dan ditambah lagi perasaan lelah sekaligus bahagia mengurus sang buah hati. Hormon yang diproduksi karena menyusui si kecil juga bisa menyebabkan menurunnya libido.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda tak perlu merasa bersalah. Pahamilah kondisi Anda sendiri. Biarkan pasangan tahu apa yang Anda rasakan. Temukan keintiman lain selain melalui seks, bisa dengan berciuman, berpelukan atau bermain dengan bayi. Yakinkan diri suami dan pasangan kalau tubuh Anda akan sembuh, libido akan kembali dan Anda akan merasa seperti dulu lagi seperti sebelum melahirkan.

2. Payudara Lembek dan ‘Bocor’
Kondisi kedua ini umumnya dialami oleh ibu yang memberikan ASI eksklusif pada bayinya. Payudara bisa menjadi bengkak, berat dan seperti ada stimulasi di syaraf area payudara (hal yang sama dirasakan wanita saat orgasme). Kondisi lainnya yang juga dapat terjadi adalah ASI yang terus merembes keluar. Seperti dikutip What To Expect, jika kondisi payudara ini membuat wanita tidak nyaman untuk bercinta, cobalah tetap mengenakan bra menyusui atau tanktop saat bercinta. Anda juga bisa coba untuk memompa payudara atau menyusui bayi sebelum seks dilakukan sehingga payudara tidak terasa berat dan penuh. Kondisi ini untungnya tidak akan terjadi selamanya. Seiring berjalannya waktu bayi akan terbiasa dan nyaman menyusu pada Anda dan payudara ibu pun jadi tidak sensitif lagi.

3. Seks Tak Lagi Terasa Sama
Setelah melahirkan bayi, apalagi para ibu yang melakukannya melalui proses normal, otot vagina bisa terasa kendur untuk sementara. Kondisi ini bisa membuat seks tidak lagi terasa sama seperti saat bayi belum lahir. Jangan terlalu khawatir dengan kondisi tersebut karena tidak akan berlangsung seterusnya. Ketika ibu merasakan perubahan pada otot vagina ini, yang bisa dilakukan adalah berlatih senam kegel. Pakar seks asal Inggris Tracey Cox melalui bukunya ‘Hot Sex: How To Do It’ menyarankan lakukan senam kegel secara rutin. Bagaimana caranya? Untuk melakukan teknik kegel pertama-tama dengan melakukan gerakan seperti saat menahan buang air kecil agar otot vagina bergerak. Lakukan gerakan menahan tersebut minimal dua kali sehari sebanyak 10 kali kontraksi tiap latihan. Latihan yang dilakukan minimal enam minggu akan menunjukkan manfaatnya dan usahakan jika melakukan latihan tersebut dengan paha yang terbuka.

4. Seks Terasa Menyakitkan
Hormon pasca kehamilan bisa menyebabkan menurunnya produksi cairan lubrikasi sehingga area Miss V jadi terasa kering. Selain hormon, menyusui juga bisa menjadi penyebab keringnya vagina. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa memakai pelumas tambahan. Pelumas tambahan yang dapat digunakan untuk hubungan seksual adalah pelumas yang berbahan dasar air dan biasanya berbentuk gel. Cara lainnya bisa dengan meminta pasangan melakukan foreplay lebih lama. Hal itu agar vagina Anda memproduksi cairan lubrikasi alami yang cukup untuk melemaskan otot-otot di area sensitif tersebut. Cairan itu akan diproduksi bila titik-titik sensitif dalam tubuh wanita mendapat rangsangan. Titik sensitif itu bisa di payudara, leher, telinga, atau bagian manapun di tubuh Anda yang harus dicari tau.

5. Tidak Merasa Percaya Diri
Tidak semua wanita bisa kembali langsing, terutama pada area perut mereka, pasca melahirkan. Hal itu karena pada umumnya rahim butuh waktu sampai dua bulan untuk kembali ke ukuran semula seperti sebelum hamil. Jadi wajar jika perut Anda masih terlihat seperti hamil enam bulan, sehingga wanita tidak perlu merasa tidak percaya diri. Ketidakpercayaan diri ini bisa menyebabkan Anda jadi enggan bercinta dengan suami pasca melahirkan.

Agar perasaan tidak percaya diri ini tak mempengaruhi kehidupan seks, Anda bisa mengatasinya dengan lebih membuka mata dan menerima apa yang terjadi. Lihat bagaimana si kecil sudah lahir dengan sehat. Rayakan keberhasilan apa yang sudah dilakukan tubuh Anda itu karena kini Anda adalah seorang ibu. Bayi mungil tersebut lahir dengan perjuangan Anda. Apa yang bisa lebih kuat dan indah dari itu? Percayalah pasangan juga menghargai apa yang telah Anda lakukan tersebut.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply