5 Jenis Hormon Pria Beserta Fungsinya

5 Jenis Hormon Pria Beserta Fungsinya

Hormon adalah zat kimia yang di bentuk oleh kelenjar endokrin yang memiliki fungsi untuk dapat membawa pesan kimia pada seluruh sel sel tubuh lainnya. Hormon ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia terutama untuk metabolisme tubuh manusia. Terhadap psikologis, hormon ini mempunyai peranan untuk dapat mengontrol suasana hati atau mengontrol mood manusia. Kemudian untuk fisik, hormon mempunyai peranan yang sangat penting untuk dapat membentuk fisik berbeda antara wanita dan pria. Dan yang terakhir untuk bagian sistem reproduksi, hormon ini sangat berperan penting untuk dapat mengontrol seluruh fungsi dari organ reproduksi yang terdapat pada wanita dan pria. Namun perlu Anda ketahui bahwa hormon pada wanita dan hormon pria itu sangatlah berbeda terutama mengenai hormon yang menyangkut seksualitas atau juga reproduksi. Diketahui ada 5 jenis hormon yang dimiliki oleh para pria. Untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai jenis jenis hormon pria maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Jenis Jenis Hormon Pria

  1. Hormon Testosteron

Jenis hormon pria yang pertama adalah hormon Testosteron. Hormon yang satu ini bisa dikatakan sangat berperan penting untuk dapat membangun kejantanan para pria. Sebab hormon ini dapat membentuk jenis jaringan organ pada reproduksi para pria. Fungsi dari hormon yang satu ini yaitu dapat meningkatkan libido dan juga dapat membantu proses reproduksi sel sperma. Kemudian fungsi lainnya yaitu dapat membangun atau juga mempertahankan bagian karakteristik seksual sekunder yang dimiliki oleh para pria seperti misalnya kepadatan pada tulang serta otot dan dapat juga menumbuhkan rambut pada bagian kemaluan, janggut, ketiak, dan juga kumis. Hormon ini juga dapat merubah suara pria menjadi lebih berat ketika sudah akil baligh. Hormon ini sendiri di sekresi oleh jenis sel Leydig yang dapat ditemukan pada tubulus seminiferus. Jenis hormon ini sangat berperan penting terhadap proses pembelahan jenis sel germinal yang nantinya akan membentuk sperma terutama untuk membantu terjadinya pembelahan pada meiosis yang berperan untuk membentuk jenis spermatosit sekunder.

  1. Hormon LH atau Luteinizing Hormone

Jenis hormon pria yang kedua adalah hormon LH atau Luteinizing Hormone. Hormon ini di sekresi oleh jenis kelenjar yang bernama hipofisis anterior. Hormon LH ini sendiri berfungsi untuk melakukan stimulasi pada seluruh sel sel Leydig yang dapat melakukan sekresi pada testosteron.

  1. Hormon FSH atau Follicle Stimulating Hormone

Jenis hormon pria yang ketiga adalah hormon FSH atau Follice Stimulating Hormone. Hormon ini sendiri juga mengalami sekresi oleh jenis sel yang terdapat pada kelenjar hiposifis anterior. Fungsi hormon pria yang satu ini yaitu untuk dapat melakukan stimulasi pada bagian sel sel sertoli. Jika stimulasi ini tidak di lakukan maka spermatid tidak dapat berubah menjadi sperma atau spermiasi.

  1. Hormon Estrogen

Jenis hormon pria yang keempat adalah hormon Estrogen. Hormon yang satu ini dibentuk dari sel sel bernama sertoli saat sedang di stimulasi oleh FSH. Jenis sel sertoli dapat melakukan sektresi pada suatu protein yang juga dikenal sebagai pengikat androgen yang berfungsi untuk dapat mengikat testosteron dan juga estrogen. Tidak hanya sampai di situ saja, nantinya kedua hormon tersebut akan dibawah menuju cairan tubulus seminiferus. Kemudian kedua hormon ini nantinya akan bersiap untuk membantu pematangan sperma.

  1. Hormon Pertumbuhan

Jenis hormon pria yang kelima adalah hormon Pertumbuhan. Kelebihan hormon pria yang satu ini sudah sangat jelas yaitu dapat meningkatkan proses tumbuh kembang pria. Hormon ini dapat mengatur seluruh fungsi metabolisme yang terdapat pada testis. Dengan fungsinya yang khusus tersebut hormon ini nantinya dapat meningkatkan proses pembelahan awal yang terjadi pada spermatogenesis.

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda ketahui mengenai hormon pria. Kini dengan adanya ulasan di atas tentunya Anda dapat mengetahui bahwa pria memiliki beberapa hormon yang terkait dengan organ reproduksinya atau pada masalah seksualnya. Tentunya hormon yang dimiliki oleh para pria ini sangat berbeda dengan hormon yang dimiliki oleh para wanita.

Hormon pria terbagi ke dalam beberapa jenis dan ulasan di atas telah mengulas secara lengkap bahwa pria memiliki 5 jenis hormon yang masing-masing memiliki fungsi atau peranannya masing-masing.