5 Faktor Penyebab Miss V Kering Saat Bercinta

5 Faktor Penyebab Miss V Kering Saat Bercinta

Jakarta – Lubrikasi yang cukup pada Miss V sangat penting untuk kenikmatan serta kelancaran hubungan seks. Namun tak jarang wanita mengalami kekeringan pada vagina sehingga membuat kurang nyaman, sakit bahkan iritasi saat bercinta. Ada beberapa faktor yang menyebabkan cairan lubrikan pada Miss V tidak terproduksi maksimal.

1. Mood Negatif
Seks bukan aktivitas yang hanya melibatkan fisik tapi juga psikis terutama bagi wanita. Ketika stres atau sedih, keinginan bercinta pun berkurang bahkan tidak sama sekali dan itu bisa memengaruhi produksi cairan vagina. Rasa tidak percaya diri juga membuat Miss V Anda kering saat bercinta. “Anda jadi lebih sulit merasakan rangsangan seksual dan lubrikan pun berkurang,” ujar terapis seks Sabitha Pillai-Friedman, Ph.D., seperti dikutip dari Shape USA.

Ketika kondisi ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cairan lubrikasi sintetis hingga Miss V kembali normal. Pilih produk yang berbahan utama air atau teksturnya gel agar lebih nyaman dan aman saat bercinta.

2. Trauma Masa Lalu
Sebagian wanita ada yang merasakan sakit pada Miss V saat pertama kali bercinta. Beberapa ada yang mengalami trauma hingga takut untuk berhubungan seks lagi meskipun dengan pasangannya sendiri. Saat bercinta, tubuh secara refleks akan berada pada ‘mode pertahanan’ yaitu dengan mengencangkan otot pelvic (untuk mem-blok penetrasi) dan jaringan pada Miss V jadi mengering. Masalah ini bisa diatasi dengan terapi bersama seksolog atau psikolog.

3. Pengobatan Medis
Obat yang Anda konsumsi saat pilek, batuk atau flu juga bisa menyebabkan Miss V kering. Obat-obatan pereda pilek dan flu umumnya mengandung antihistamin yang bekerja mengeringkan membran lendir pada hidung maupun tenggorokan, untuk meredakan gejalanya. Tapi efek obat ini juga bisa terjadi pada cairan lubrikasi Miss V. Tak perlu khawatir, setelah Anda berhenti mengonsumsi obat maka lubrikan bisa normal kembali.

4. Pil Kontrasepsi
Pil kontrasepsi bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti kenaikan berat badan, penurunan libido, munculnya jerawat dan Miss V kering. Sedikitnya 3-5 persen dari wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi, mengalami kekeringan pada vaginanya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari cara lain yang bisa menunda kehamilan tanpa sebabkan cairan lubrikasi kering.

5. Pembersih Kewanitaan
Produk-produk pembersih kewanitaan seperti deodoran, spray dan douche juga bisa memicu terjadinya kekeringan pada Miss V. Sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan pembersih khusus kewanitaan karena bisa memengaruhi kadar pH di area genital. Miss V pun dirancang bisa membersihkan dirinya sendiri dan Anda hanya perlu membasuhnya dengan air bersih yang mengalir.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply