5 Cara Meringankan Rasa Gatal pada Miss V

5 Cara Meringankan Rasa Gatal pada Miss V

Jakarta – Gatal pada Miss V umum dialami wanita, dan biasanya terjadi karena adanya bakteri atau jamur. Penyebabnya cukup beragam, bisa karena area intim yang terlalu lembab, bahan underwear yang kurang menyerap keringat, tidak cocok dengan produk pembalut tertentu atau penggunaan pembersih kewanitaan yang berlebihan.

Jika gatal berkepanjangan tentunya akan lebih baik jika menemui dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab serta mendapatkan penanganan yang tepat. Namun jika belum sempat ke dokter atau hanya gatal ringan, Anda bisa melakukan beberapa perawatan di rumah untuk mengatasi vagina gatal.

1. Kompres dengan Es Batu
Miss V biasanya terasa gatal saat malam hari dan mengganggu waktu tidur. Untuk meredakan rasa gatal, vagina bisa dikompres dengan es batu yang ditempelkan ke kulit vagina. Balut es batu dengan handuk bersih berbahan lembut, lalu tempelkan pada area Miss V yang gatal. Dingin dari es batu akan sedikit meredakan rasa gatal.

2. Garam
Garam juga dapat membantu membunuh bakteri pada vagina. Taburkan garam pada baskom atau ember kecil yang sudah berisi setengah air panas. Taruh baskom atau ember di dalam toilet lalu duduk di atasnya dengan paha yang terbuka. Uap panas yang sudah bersatu dengan kandungan garam bekerja untuk meringankan rasa gatal.

3. Air Rebusan Daun Sirih
Daripada menggunakan produk pembersih vagina yang dijual di pasaran, sebaiknya buat air rebusan sendiri di rumah. Produk sabun untuk Miss V belum tentu cocok untuk area intim Anda. Tak jarang, vagina malah bisa semakin gatal karena campuran kimianya. Basuh vagina dengan air rebusan daun sirih. Lakukan berulang ketika vagina masih terasa gatal. Namun jika gatal sampai berhari-hari, sebaiknya langsung periksakan ke dokter.

4. Makan Yoghurt Tanpa Rasa
Kandungan probiotik pada yoghurt juga bisa mengurangi bakteri. Konsumsi yoghurt tanpa rasa dapat mengurangi bakteri dari dalam yang bisa menjadi penyebab gatal pada Miss V.

5. Menjaga Kebersihan Area Miss V
Selain perawatan yang telah disebutkan, Anda juga harus menjaga kebersihan vagina. Pastikan vagina telah terbasuh sempurna dan kering setelah buang air kecil. Saat menstruasi, gantilah pembalut tiga hingga empat kali sehari agar vagina tetap bersih higienis.

Trackbacks and pingbacks

    No trackback or pingback available for this article.

    Leave a reply